3 Cara Ampuh Mengatasi USB Device Not Recognized

Pernah menemukan pesan error "USB Device Not Recognized" saat menghubungkan perangkat seperti flashdisk, modem, atau perangkat USB lainnya ke PC atau laptop anda ?

Jika ya, anda mengalami masalah dimana perangkat komputer atau laptop tidak mengenali perangkat USB yang baru saja anda hubungkan atau tancapkan ke slot USB.

Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah USB Device Not Recognized tersebut ?

Mengatasi USB Device Not Recognized

Ada 3 cara mengatasi masalah USB Device Not Recognized atau Perangkat USB Tidak Dikenali tergantung dari penyebab masalah itu sendiri, yaitu

  1. Scan for Hardware Change

  2. Kita asumsikan pertama kali jika masalah error di atas dikarenakan keterlambatan PC mendeteksi hardware baru.

    Maka kita bisa melakukan cara-cara berikut ini,

    Tekan dan tahan tombol window di keyboard kemudian klik tombol R (window + r)

    Ketik devmgmt.msc pada kolom run kemudian klik ok

    devmgmt.msc

    Selanjutnya akan terbuka menu device manager. Klik pada menu Scan for Hardware Change untuk membuat PC bekerja mendeteksi perangkat yang baru terpasang.

    Periksa apakah perangkat yang anda hubungkan sudah bisa terdeteksi ?

    Jika belum, maka silahkan lanjutkan ke cara ke 2.

  3. Mematikan Fungsi Power Management pada USB Root hub

  4. Sama seperti cara pertama, silahkan gunakan tombol shortcut window+r untuk membuka device manager menggunakan perintah devmgmt.msc

    Bedanya, kali ini silahkan tampilkan semua entri pada bagian Universal Serial Bus Controller dengan klik panah di sebelah kiri nya. Perhatikan ada berapa bagian USB Root Hub yang terdapat dibawah menu Universal Serial Bus Controller tersebut.

    Device Manager

    Pada setiap menu USB Root Hub, silahkan klik kanan lalu klik pada properties

    Pada jendela yang muncul, silahkan beralih ke tab Power Management, lalu hilangkan centang yang terdapat di dalam kotak di samping pilihan Allow the computer to turn off this device to save power, lalu klik Ok

    Power Management

    Apakah cara yang ke 2 berhasil ? Jika perangkat masih belum bisa terdeteksi, maka solusi berikutnya adalah,

  5. Memutuskan Aliran Listrik Untuk Menghentikan Kebocoran Arus

  6. Jika 2 cara di atas masih belum bisa mengatasi masalah USB Device not Recognized yang anda alami, maka sangat mungkin jika masalah tersebut disebabkan adanya kebocoran listrik di perangkat PC anda.

    Untuk mengatasinya, cabut semua sumber listrik yang menuju ke CPU, seperti colokan listrik, baterai (untuk laptop) dan semua perangkat USB yang terpasang dan biarkan selama kurang lebih 30 menit.

    Kemudian pasang kembali dan nyalakan PC atau laptop anda.

Bagaimana ? apakah cara ke 3 berhasil mengatasi masalah tidak terdeteksi nya perangkat USB ?

O ya, ada satu poin penting yang terlewatkan, sebelum anda mengikuti cara mengatasi masalah USB Device not Recognized di atas, ada baiknya anda periksa dahulu, apakah port USB sudah membesar atau longgar ? atau apakah masalah masih tetap terjadi jika perangkat tersebut di colok kan ke slot USB yang lain ?

Pastikan terlebih dahulu jika sumber masalah bukan berasal dari slot USB yang longgar atau rusak sebelum anda mencoba 3 cara mengatasi masalah USB Device not Recognized di atas.

wdcfawqafwef