Cara Mempercepat Kinerja Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Pernah mengalami tiba-tiba ponsel android yang anda gunakan terasa berat atau lambat saat digunakan ?

Percayakah anda jika hal tersebut sangat lumrah dan bisa dialami oleh setiap perangkat ponsel android ?

Ya, penyebab paling umum dari melambatnya kinerja android adalah akibat dari menumpuknya cache atau file sampah yang memenuhi penyimpanan di perangkat android tersebut.

Apalagi jika anda sudah menginstal banyak aplikasi yang secara aktif anda gunakan, dan anda tidak pernah membersihkan cache baik secara manual atau dengan aplikasi tambahan.

Jadi, bagaimana jika saat ini ponsel android anda sudah terlanjur melambat atau terasa berat saat membuka atau menjalankan program ?

Cara Mengatasi Android Berat atau Melambat

Untuk mengatasinya, kita bisa melakukan cara manual untuk membersihkan cache.

Untuk melakukannya, anda bisa membuka menu pengaturan atau setting di perangkat android anda, kemudian lanjutkan ke pengaturan aplikasi.

Anda akan menemukan daftar aplikasi yang terpasang di perangkat android anda, dan silahkan klik salah satu

Sebagai contohnya, silahkan perhatikan gambar di bawah ini, kita akan mengambil contoh aplikasi yang menyimpan cache berukuran 28,67 MB
.
Membersihkan Cache Android Manual

Perhatikan bahwa ada tombol clear cache atau bersihkan cache yang secara default terdapat di menu pengaturan aplikasi tersebut.

Hal yang selanjutnya harus anda lakukan tentu saja menggunakan fitur tersebut untuk menghapus file cache.

Untuk mempercepat kinerja android dengan membersihkan cache secara manual, anda harus melakukan pembersihan cache seperti pada cara di atas untuk setiap aplikasi yang terinstal di android yang anda miliki.

Mungkin akan terasa merepotkan dibanding menggunakan aplikasi tambahan seperti Clean Master dan atau aplikasi pembersih sejenis, namun dengan cara manual, artinya anda tidak perlu memberikan jatah ruang di RAM untuk aplikasi pembersih tambahan yang anda pasang tersebut.

wdcfawqafwef